Senin, 05 Maret 2012

Tips "Agar Pakaian Kita Awet"

    Siapa pun tentu senang bila punya banyak pakaian. Namun, bila tak pandai merawatnya, pakaian-pakaian kesayangan tersebut akan cepat rusak. Nah, berikut ini tips agar pakaian kita awet dan selalu terlihat baru.


- Kenali bahannya

   Terbuat dari bahan apakah pakaian kita? Beda bahan, beda pula cara merawatnya. Jika pakaian kita terbuat dari bahan katun atau kaos, kita bisa mencucinya sendiri dirumah. Tapi, kalau dari bahan yang lebih mewah dan sulit perawatannya, (seperti sutra atau linen), lebih baik kita bawa ke laundry agar tidak cepat rusak karena akan dicuci dengan proses khusus.
   Oh ya, untuk pakaian yang mudah luntur, sebaiknya dicuci terpisah agar tidak melunturi pakaian yang lain.

- Perhatikan cara menyimpannya

   Kenali pakaian-pakaian kita saat hendak menyimpan. Jika bahannya mudah melar, misalnya kaos dan rajutan, lebih baik kita lipat. Sebab, jika digantung, kerah kaos atau pakaian rajutan tersebut akan melar sehingga cepat lebar atau longgar. Sebaliknya, jika bahannya agak licin dan lemas, seperti sutra dan polyester, lebih baik kita gantung agar tidak kusut.

- Perhatikan cara menjemurnya

   Cara menjemur pakaian, juga perlu kita perhatikan agar awet. Jika pada bagian luarnya terdapat gambar, logo, atau tulisan yang disablon, sebaiknya cara menjemurnya di balik (bagian tersebut berada didalam) dengan demikian, gambar, logo, dan sablonan tersebut tidak terkena sengatan matahari secara langsung, sehingga tidak cepat memudar.

- Perhatikan warnanya

   Untuk pakaian berwarna hitam, sebaiknya tidak sering di laundry agar kepekatan warnanya tidak cepat berkurang. Sebaliknya, jika warna putih, lebih baik sering di laundry, karena pakaian berwarna putih cenderung cepat kusam. Apalagi jika terkena percikan splash cologne, baby oil, atau cairan lainnya.

- Jangan asal setrika

   Cara menyetrika untuk setiap bahan pakaian belum tentu sama. Bahan pakaian dari karet sintetik atau rajut misalnya, sebaiknya tidak disetrika dengan suhu panas dan lebih dari 5 menit. Sedangkan untuk bahan pakaian dari jeans, boleh disetrika dengan suhu yang lebih panas dan waktu yang lebih lama, agar lentur dan rapi.



Source : Majalah Girls (no.18 tahun ke-V)

1 komentar: