Sabtu, 12 November 2011

Tips Menghilangkan sifat Malas, Manja, dan Boros

Aha !
sifat kayak gini biasanya dimiliki oleh perempuan (sebagian besar). enggak cuma perempuan sih sebenarnya, yang laki-laki pun juga pasti ada yang punya sifat kayak gini.
buat kalian-kalian yang pingin ngehilangin sifat kayak gini, coba baca ini...



~ Cara menghilangkan sifat Malas ~

   Malas adalah sifat yang tidak berguna. kenapa tidak berguna? karena sifat ini tidak menghasilkan apa-apa.
   Nah, untuk menghilangkan sifat ini, kita harus memiliki keinginan kuat untuk untuk berubah menjadi lebih disiplin dan rajin. ada cara lain, kita bisa membuat poster yang bertuliskan "Malas hanya merugikan diri sendiri" yang ditempel di tempat yang selalu terlihat oleh kita. kalo perlu, pasang itu poster besar-besar haha~ enggak ding, bercanda ._.v
   Trus, kita juga bisa minta bantuan orangtua untuk selalu mengingatkan kita jika kita lupa dan kembali pada sifat yang lama. kalau kita sudah terbiasa disiplin dan rajin, kita akan merasakan perbedaanya.


~ Cara menghilangkan sifat Manja ~

   Sifat manja bisa terbentuk karena segala permintaan kita selalu dipenuhi orang lain. keadaan seperti itu tanpa kita sadari membuat kita selalu mementingkan diri sendiri tanpa mau tahu keadaan orang lain. Nah, repot kan? Sifat manja juga menjadikan kita selalu bergantung kepada orang lain, kurang mandiri, dan akhirnya menjadi takut untuk melakukan segala sesuatu sendiri.
   Untuk menghilangkan sifat ini, coba kita tempatkan diri kita sebagai pihak lain yang suka merengek manja dan egois. pasti kalian merasa kesal dan sebal. kita pun enggak ingin orang lain jadi sebal kepada kita kan?
   Selain itu, kita juga bisa belajar bersikap adil. bila satu keinginan kita dipenuhi orang tua atau teman, kita pun harus memenuhi satu keinginan mereka. dengan demikian, kita bisa belajar berbagi dan mengurangi sifat egois kita.

~ Cara menghilangkan sifat Boros ~


   Sifat boros muncul saat kita suka menghamburkan uang untuk hal yang tidak penting, tidak perlu, atau tidak dibutuhkan. misalnya, kita ingin mengganti sepatu dengan model terbaru, padahal sepatu yang lama masih bagus dan asih bisa dipakai.
   Nah, untuk menghilangkan sifat ini, kita perlu membedakan antara keinginan dan kebutuhan. kalau perlu, kita bikin daftar barang apa yang saja yang hendak kita beli lalu, urutkan mana yang lebih penting / benar-benar kita butuhkan. belilah sesuai kebutuhan dan kecukupan uang kita.
   SATU LAGI ! bila pergi jalan-jalan, hindari membawa banyak uang agar tidak tergoda membeli barang lain.


Kalau ada usaha dan bersungguh-sungguh buat menghilangkan sifat ini, kalian pasti bisa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar