Jumat, 27 Mei 2011

Cara Mengusir Rasa Kantuk di Kelas

Terkadang saat sedang belajar di kelas, kita menguap dan mengantuk . Itu memang sangat mengganggu saat pelajaran sedang berlangsung . Lalu, bagaimana cara mengusir rasa kantuk itu . ?



Mengubah posisi duduk

     Dengan duduk, ternyata juga bisa mempengaruhi rasa kantuk, loh . misalnya, duduk bersender yang bisa membuat kita nyaman untuk duduk dan akhirnya mengantuk . Nah, oleh karena itu usahakan duduk tegak agar dapat mengurangi rasa kantuk.

Membasuh muka

     Dingin dan segarnya air saat mengena wajah kita akan membantu mengusi rasa kantuk kita . Mintalah izin kepada guru untuk keluar kelas sebentar guna membasuh muka . Basuhlah muka beberapa kali sampai segar.




Mencium bebauan yang segar

     Ada lagi cara mengusir rasa kantuk di kelas . yaitu dengan cara mencium bebauan yang segar. misalnya cologne , hiruplah perlahan bebauan tersebut supaya merangsangt penciuman kita, sehingga rasa kantuk pun hilang .

Lakukan senam ringan

     Saat rasa kantuk itu menyerang, segera lakukan senam ringan. yaitu dengan menggerakkan beberapa anggota badan dalam posisi duduk. lakuakan gerakan menggelengkan kepala, mengibaskan tangan, dan menggerakkan kaki. senam ringan ini dapat menghambat kerja saraf kantuk.

Bertanya kepada guru

     Dengan cara ini juga kita dapat mengusir rasa kantuk kita saat berada di dalam kelas. kita bisa bertanya tentang hal yang belum kita mengerti atau meminta guru untuk mengulangi lagi penjelasannya. Rasa kantuk itu pun hilang, kita pun jadi tambah pintar.

So . ? kalo rasa kantuk itu datang ke kalian waktu pelajaran sedang berlangsung, gaada salah.nya buat nyoba' pake cara ini kan ? hehehe ~ :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar